Berbicara tentang mahasiswa berarti berbicara tentang penggerak atau juru kunci perubahan. Sebagaimana yang sering kita dengar mahasiswa adalah agent of change. 

Tentunya perubahan ke arah yang lebih baik, perubahan yang dibawa mahasiswa tergantung dari kekuatannya dalam melihat keadaan sekitar. Fenomena yang terjadi dalam kehidupan ini baik dari segi ekonomi, pendidikan, politik, agama, dan banyak lainnya.

Masa muda merupakan jenjang kehidupan manusia yang paling optimal. Dengan dengan kematangan jasmani, perasaan, dan akalnya. sangat wajar jika pemuda atau mahasiswa memiliki potensi yang besar dibandingkan dengan kelompok masyarakat lainnya.

Seperti kebakaran yang tinggi terhadap lingkungan dan demikian pemikiran kritis seputar kepentingan masyarakat. Para pemuda juga menjadi penggerak kemajuan ketika masyarakat melakukan proses pembangunan. Tongkat estafet peralihan suatu peradaban terletak di pundaknya. Baik buruknya nasib umat kelak, bergantung pada kondisi pemuda dan mahasiswa sekarang ini.

Ketika menjadi mahasiswa, besar beban yang ada di pundak kita bukan siswa lagi. Ada kata maha di depannya. Tentunya ada konsekuensi logis yang harus dilakukan yakni bagaimana kita dapat berperan aktif dalam pengawasan kebijakan negar. Posisi kita adalah bagaimana dapat memberikan sebuah pengharapan tinggi bagi perubahan ke arah yang lebih baik.

Berfungsinya peran mahasiswa untuk pendidikan Indonesia bisa membuat suatu pemikiran yang rekonstruktif dan solutif terhadap permasalahan seputar pendidikan di bangsa ini. Dengan demikian komunikasi antara mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah dapat berjalan dengan baik. Dengan menghasilkan suatu solusi. Permasalahan pendidikan Indonesia menjadi lebih baik

Ditulis Oleh Novita Salsa Bella
Mahasiswa Sosiologi – Fakultas FISIP
Universitas Islam Balitar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama