foto : foto bersana panitia dengan narasumber

LPM Freedom | UNISBA - Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Balitar menyelenggarakan seminar dengan tema "Bangun Ide Kreatif Hasilkan Cuan Melalui Media Sosial" pada Sabtu (8/06/ 2024) pukul 08.30 WIB di Aula Majapahit. Acara ini diorganisir oleh Gracellia Imelda Sutrisno sebagai ketua pelaksana dengan bimbingan Anita Reta Kusumawijayanti S.I.P, M.IKom, dosen pengampu mata kuliah Manajemen Event.

 

Seminar ini menghadirkan dua pemateri utama yakni, Prananda Putera CEO RadjaTech Corporate dan Freni Rizayanti, S.Pn, pemilik Bouqetq Blitar. Acara ini dimoderatori oleh Amelia Mega dengan MC Tegar Amin dan Aura Apriliani.

 

Prananda Putera membahas langkah-langkah menjadi pengusaha,ia  menekankan pentingnya mentalitas yang kuat, serta komponen strategi digital yang meliputi pemahaman usaha, pesaing, pelanggan, arah bisnis, dan cara kerja efektif.

 

Freni Rizayanti memberikan tips praktis seperti branding dan konten kreatif menggunakan CapCut dan Canva, serta cara mengubah media sosial menjadi ladang uang.

Ia juga membahas strategi menghadapi risiko bisnis, cara mempertahankan usaha dalam persaingan, dan tips memulai usaha bagi generasi muda, termasuk penggunaan efektif Instagram bisnis.

 

Grace selaku ketua pelaksana menuturkan tujuan dari diadakannya seminar kali ini adalah untuk mengedukasi peserta tentang potensi media sosial sebagai platform menghasilkan pendapatan melalui kreativitas dan konten.

 

"Selain itu juga untuk mendorong peserta supaya memanfaatkan potensi media sosial sebagai alat untuk mengembangkan ide kreatif mereka," tuturnya.

 

Pada sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa menanyakan cara menghadapi negosiasi pelanggan yang berlebihan. Pemateri menekankan pentingnya mengetahui segmentasi pasar dan memberikan detail produk yang jelas agar pelanggan teredukasi dengan baik.

 

Seminar berlangsung lancar dan mendapat antusiasme tinggi dari peserta dan narasumber yang aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Setelah adanya sesi tanya jawab terdapat sedikit pembagian hadiah dari narasumber serta teman-teman panitia bagi siapa yang dapat bertanya dengan cepat.(sbl,ln,rr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama